Minggu, 21 Oktober 2012

Madu | Manfaat dan Khasiat Madu

Posted by Unknown at 19.18
Madu , pastilah semua orang pernah mendengar kata yang satu ini. Madu yang merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah alias tawon dan serangga lainnya dari nectar bunga ini diyakini mempunyai manfaat madu dan khasiat yang berguna bagi kesehatan manusia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa madu bisa membawa keajaiban bagi kesehatan.
Madu
Madu pada umumnya mempunyai zat gizi yang penting bagi tubuh seperti Fruktosa: 38.2% , Glukosa: 31.3% , Maltosa: 7.1% , Sukrosa: 1.3% , Air: 17.2% , Gula: 1.5% , Abu (analisis kimia):0.2% , Lain-lain: 3.2%. Madu mempunyai banyak vitamin serta enzim yang berguna bagi kesehatan dan pencernaan manusia.
Manfaat dan Khasiat Madu

Berikut merupakan beberapa manfaat dan khasiat madu :
  1. Khasiat Madu dapat menambah nafsu makan. Pemberian madu diyakini dapat menambah nafsu makan dikarenakan madu itu sendiri membuat tubuh menjadi sehat dan nyaman, sehingga dapat menimbulkan keinginan untuk makan. 
  2. Manfaat madu sebagai prebiotik. Madu dapat mengendalikan bakteri jahat dimana tanpa mengganggu pertumbuhan bakteri baik yang berguna bagi manusia. Hal ini dikarenakan madu mempunyai kadar gula alami yang tinggi sehingga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri jahat serta sifat asam madu yang sangat tidak disukai oleh bakteri jahat. Disamping itu madu mempunyai senyawa organic dan 10-hidroxidecen-2-acid yang mempunyai keunggulan merupakan anti bakteri jahat. Disamping itu juga madu mempunyai senyawa radikal hydrogen peroksida yang sanggup meniadakan bakteri jahat dan berbagai mikro organism berbahaya lainnya. 
  3. Khasiat Madu sebagai tonik atau penambah serta meningkatkan stamina tubuh. Madu dapat membantu memulihkan stamina misalnya setelah olah raga atau ketika badan sedang lemah letih lesu. Bahkan daripada 1 liter minuman energy lebih baik meminum 3 sendok madu sebagai tonik bagi tubuh. 
  4. Manfaat madu sebagai anti bakteri. Disini berarti madu bisa dipakai sebagai obat luka dan mempunyai efek anti peradangan alami yang membuat luka dapat sembuh dengan lebih cepat. Apalagi madu juga mempunyai zat antibiotic yang sangat berguna dalam menghalangi serangan bakteri. 
  5. Manfaat dan khasiat madu yang dapat mengobati berbagai infeksi dan menghambat pertumbuhan infeksi itu sendiri jika diminum secara teratur. 

Selain manfaat dan khasiat madu yang disebutkan diatas, madu jika dikonsumsi secara teratur dapat memperbaiki saluran pencernaan, infeksi saluran pernafasan, memperbaiki system imun tubuh ketika terkena batuk dan pilek. Bahkan jika anda mempunyai masalah dan mempunyai penyakit kulit, manfaat dan khasiat madu dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit tersebut juga. Oke deh, semoga artikel mengenai madu beserta manfaat dan khasiat madu dapat bermanfaat bagi anda.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template