Rabu, 17 Oktober 2012

Red Velvet Cake | Resep Red Velvet

Posted by Unknown at 23.32
Red velvet cake merupakan sajian lezat nan menarik hati yang tentunya akan memanjakan lidah para penyantapnya. Bermula saat perang dunia ke 2, red velvet atau yang juga terkenal dengan nama devil food’s tercipta. Disajikan dengan tekstur yang lembut dan menggunakan warna yang alami dari bauh bit sebagai campuran warnanya berhasil menjadi hidangan yang terkenal dan memukau di beberapa Negara. Yang menjadi ciri khas utama dari cake satu ini adalah teksturnya yang lembut dengan aroma cokelat yang tajam serta warnanya yang merah memukau semakin membuat tampilan cake ini cantik dan elegan. Sejak menjadi sajian romantic dalam film yang diperankan oleh Julia Roberts ‘ steel magnolias’ dimana sang pengantin pria membawa red velvet cake untuk diberikan kepada pasangannya, cake ini langsung merajai semua cake and bakery shop dimana banyak pelanggannya yang mencari red velvet cake untuk diberikan kepada pasangannya. 


Bersamaan dengan melambungnya rainbow cake – cake pelangi di tahun 2011 ,red velvet juga ikut serta meramaikan pajangan cake di banyak cake and bakery shop di seluruh Negara dimana tentunya Indonesia juga ikut ambil bagian. Ditengah euphoria masyarakat mengenai warna pelangi pada kue dan makanan, bahkan kue tradisional seperti kue lidah kucing pun menjadi ikut terkenal dengan kue lidah kucing pelangi, red velvet muncul dengan tampilan yang berbeda namun tidak kalah memukau dan menarik perhatian setiap penyuka cake. Banyak tampilan yang ditawarkan dalam penyajian red velvet ini diantaranya red velvet cake , red velvet roll cake, red velvet ball , red velvet cupcake. Dari segi harga memang red velvet cake mempunyai kisaran harga yang tinggi, namun apabila ditilik dari penampilannya dan rasanya, maka dirasa pas jika cake cantik nan menawan yang mempunyai rasa selangit ini dipatok dengan harga yang termasuk tinggi.

Disamping kita dapat membeli red velvet cake di cake and bakery shop , tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri red velvet cake untuk dapat merasakan dan mencicipi kelezatan cake yang satu ini. 

Berikut ini merupakan resep red relvet cake

Bahan red velvet cake
  • 250 gram tepung terigu. Untuk hasil terbaik gunakan tepung untuk kue 
  • 115 gram mentega tawar 
  • 300 gram gula pasir 
  • Telur 2 butir 
  • 15 gram cokelat bubuk 
  • 240 ml butter milk
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 2 cangkir minyak kanola 
  • 1,5 sendok teh vanila 
  • 80 gram pewarna merah 
  • 1 sendok teh cuka 
  • 1 sendok teh baking soda 
bahan cream cheese frosting untuk red velvet cake :
  • 8 ons krim keju ( 8 ons = 226,8 gram ) 
  • Butter ½ cups ( 1 stick butter ) 
  • ekstrak vanili murni ( 1 sendok teh ) 
  • 3 cups gula halus, diayak 
  • 1 cups whipping cream 

cara membuat red velvet cake
  1. Pertama – tama panaskan oven dengan suhu sekitar 176 Celsius. Masukkan 1 sdt mentega ke dalam setiap pan kue berukuran 9 inci dan berbentuk bulat, lalu masukkan pan ke dalam oven selama beberapa menit sampai mentega meleleh. Keluarkan pan, dan kuas bagian dalam dan sisi-sisi dalam pan untuk meratakan mentega lalu lapisi dengan kertas kue. 
  2. campurkan garam dan cokelat bubuk ke dalam satu tempat. 
  3. masukkan minyak dan gula. Campurkan dengan mixer dengan kecepatan sedang hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Setelah itu masukkan telur satu per satu, kemudian turunkan kecepatan mixer ke kecepatan rendah 
  5. Dengan perlahan tambahkan pewarna merah red velvet, masukkan vanilla, lalu masukkan tepung terigu dan butter milk secara perlahan. Masukkan hingga tercampur rata. 
  6. Campurkan baking soda dan cuka pada wadah terpisah lalu masukkan ke dalam adonan yang telah di mixer dalam keadaan mixer yang masih bekerja. aduk selama kurang lebih 10 detik. 
  7. Masukkan adonan yang telah di mixer ke dalam pan untuk dipanggang. Panggang selama kurang lebih 35-45 menit 
  8. Setelah 35 menit, awasi oven agar adonan tidak gosong. Sebab kemampuan oven satu dengan merek lainnya beda – beda. setelah itu keluarkan dan biarkan sampai dingin. 

Cara membuat bagian cream cheese frosting: 
  1. masukkan krim keju, butter dan whipping cream ke dalam satu tempat 
  2. Kocok dengan mixer selama kurang lebih 2 menit. 
  3. Tambahkan gula dan vanilla. Aduk dengan mixer kecepatan pelan. 
  4. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal 
Step akhir red velvet cake
  1. Potong kune menjadi beberapa lapis. setelah itu oleskan cream cheese. 
  2. Sebelum menambahkan lapisan lain, masukkan dulu kedalam kulkas kira – kira 10 menit untuk mendapat hasil yang lebih baik. Lakukan hingga lapisan terakhir. 
  3. Sebagai pelengkap, pada atas red velvet cake bisa diberikan almond, strawberry, meses atau sesuai keinginan dan selera anda. 
Untuk mendapat hasil yang maksimal, bagaimanapun juga practice make perfect. Juga setiap orang mempunyai selera yang berbeda – beda. Jadi tentunya anda boleh menambah – mengurangi resep red velvet tersebut sesuai keinginan anda untuk dapat menghasilkan red velvet cake sesuai dengan keinginan anda. Selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template