Sabtu, 15 Desember 2012

Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi

Posted by David Nugroho at 23.43

Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa maupun orang tua banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Bahkan sebegitu terkenalnya sampai bakso pun ada lagunya. Tentu kita ingat ada lagu abang tukang bakso, bakso bulat seperti bola pingpong dan sebagainya. Hal ini menunjukkan sebegitu populer nya bakso. Bakso memang salah satu makanan yang tidak lekang oleh waktu. Hingga tahun 2020 pun bakso niscaya tetap disukai oleh banyak orang.


Bakso pada akhir – akhir ini menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Hal ini dikarenakan ditemukannya para penjual bakso atau abang tukang bakso yang mencampur bahan baku untuk membuat bakso sapi dengan bakso babi. Sebenarnya menyantap daging babi sih tidak masalah selama orang memang mau memakannya. Masalahnya adalah larangan mengonsumsi daging babi bagi masyarakat muslim sehingga jika sampai ada orang muslim yang memakan daging babi tentu menjadi masalah. Hal ini diperparah dengan tidak diberikannya informasi dan pemberitahuan dari sang penjual bakso sehingga orang muslim yang mengira sedang makan bakso sapi sehingga termasuk masakan atau makanan halal, eh malah bakso itu mengandung daging babi sehingga menjadi haram hukumnya.

Lalu sebenarnya bagaimana sih cara membedakan bakso yang terbuat dari daging sapi dan daging babi? Berikut ini ada beberapa petunjuk yang dapat dipakai sebagai acuan pada saat kita membeli bakso sapi sehingga tidak tertipu dan malah mendapatkan bakso babi.

Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi :
  • Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi dari warna : kedua warna daging atau bakso dari sapi dan babi ini memang relative nyaris sama, putih sedikit merah kecoklatan setelah direbus. Namun ketika kita memotong bakso tersebut, bakso yang terbuat dari babi mempunyai warna yang lebih merah muda dan tidak merah kecoklatan seperti yang terdapat pada daging sapi.
  • Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi dari aroma : Daging babi akan mengeluarkan aroma lemak yang lebih tajam dikarenakan daing babi lebih berminyak karenanya jika dibuat bakso akan mengeluarkan aroma lemak yang tajam. Permukaan bakso juga lebih licin berminyak. Ini juga terlacak untuk jenis bakso daging sapi dengan campuran minyak babi.
  • Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi dari tekstur : Bakso yang terbuat dari daging babi biasanya teksturnya lebih halus, lembut dan berminyak. Tidak kesat seperti hal nya bakso yang terbuat dari daging sapi murni. Pada bakso babi juga tidak ada urat di dalam adonannya sehingga terasa licin dan bersih.
  • Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi dari harga : Sebenarnya hal ini tidak mutlak untuk dapat membedakan kedua bakso ini. Namun pada umumnya harga bakso babi lebih murah karena daging babi sebagai bahan utamanya juga lebih murah harganya. Jika bakso daging sapi harganya lebih murah bisa jadi dipakai campuran tepung kanji yang lebih banyak atay campuran daging babi.
  • Cara membedakan bakso sapi dan bakso babi dari ukuran : Hal yang satu ini juga tidak mutlak untuk dapat membedakan kedua bakso ini. Hanya saja pada umumnya bakso daging babi berukuran sedikit lebih besar dari bakso daging sapi. Karena teksturnya lembut cenderung dibuat lebih besar.
Selain beberapa petunjuk diatas yang dapat dipakai untuk membedakan kedua bakso yang terbuat dari daging sapi atau daging babi, kita juga lebih baik membeli daging ditempat yang kita benar – benar tahu penjualnya dan tidak asal membeli sehingga kemungkinan untuk tertipu pun semakin mengecil.

Demikian artikel Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi yang memberikan tips dan cara membedakan bakso sapi dan bakso babi. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template