Sabtu, 08 Desember 2012

Membuat Ayam Goreng Tepung Renyah

Posted by David Nugroho at 20.36
Ayam goreng tepung yang renyah merupakan salah satu masakan ayam yang banyak digemari oleh banyak orang termasuk orang Indonesia tentunya. Masakan yang berasal dari bahan dasar ayam memang dapat diolah dalam berbagai cara dimana ayam goreng tepung merupakan salah satu yang paling banyak penggemarnya. Ayam goreng yang dibalut oleh tepung sehingga renyah ini bahkan banyak dijual baik dari rumah makan hingga gerobak ayam goreng tepung.

Ayam Goreng Tepung

Walaupun kita dapat membeli ayam goreng tepung yang renyah, namun tak ada salahnya jika kita membuat sendiri ayam goreng tepung dirumah. Hanya saja kadang kita terkendala bahwa ayam goreng tepung kita tidak dapat renyah seperti halnya ayam goreng tepung renyah seperti yang dijual di restoran – restoran berkelas.

Ayam goreng tepung yang renyah dapat anda hidangkan dalam berbagai situasi dan setiap saat seperti saat natal dan tahun baru misalnya. Selain anda dapat mengirimkan kartu natal dan juga kartu tahun baru, tak ada salahnya anda menghidangkan ayam goreng tepung renyah sebagai sajian pada saat – saat bersama keluarga.

Sebenarnya cara membuat ayam goreng tepung agar renyah tidaklah sukar koq. Kita dapat dengan mudah membuat ayam goreng tepung yang renyah menggunakan tepung roti atau yang sering disebut teknik breading dimana selain ayam goreng tepung kita dapat renyah pada setiap gigitan, ayam goreng tepung kita juga terlihat menarik.

Berikut ini cara membuat ayam goreng tepung supaya renyah :
  • Menggunakan bahan roti baru yang digunakan untuk membuat tepung roti dimana remah-remah dari roti baru akan menyerap sedikit minyak dibandingkan remah-remah dari roti basi. Roti baru juga menghasilkan bobot tepung roti yang lebih ringan sehingga teksturnya lebih baik untuk gorengan. Remah – remah roti baru tidak menyerap banyak minyak sehingga lebih mudah menempel pada bahan makanan yang akan digoreng dan tidak terlepas pada proses penggorengan.
  • Tepuk dan gulingkan ayam pada tepung roti yang kering lalu gulingkan untuk menyerap kelembapannya dimana hal ini dapat membantu proses pelapisan yang baik antara bahan makanan dan tepung roti. Untuk proses pelapisan ayam goreng tepung, gulingkan ayam ke tepung, celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu gulingkan pada tepung roti. Telur membuat tepung terikat dengan bahan makanan. Lakukan langkah tersebut sesuai urutan agar tepung roti melekat sempurna atau tidak berjatuhan.
  • Sisa tepung yang telah dipakai, kocok sisa tepung tersbut kemudian selesaikan proses melapisi ayam dengan menepuknya untuk memastikan bahwa tepung roti menempel ke seluruh bagian ayam. Walaupun ayam dibaluri telur, minyak tetap dapat menembusnya sehingga tepung mungkin berjatuhan saat digoreng. Karenanya, lapisi ayam yang telah dicelupkan ke dalam telur pada tepung roti. Tekan ayam dengan lembut menggunakan tangan agar melekat dengan sempurna. Singkirkan sisa-sisa tepung roti yang tidak benar-benar melekat pada ayam sebelum digoreng dengan minyak.
  • Diamkan terlebih dahulu ayam yang sudah dibaluri dan dilapisi dengan tepung roti minimal 30 menit untuk membuat daya lekat tepung roti dengan ayam lebih kuat. Jikalau anda mempunyai kulkas, anda dapat menyimpan ayam tersebut kedalam kulkas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  • Setelah selesai masa ‘istirahat’ ayam tepung tersebut, goreng ayam tersebut. Gunakan cukup minyak hingga dapat menggoreng dengan rata dan jangan menggunakan terlalu sedikit minyak yang dapat menyebabkan ayam matang tidak rata. Bolak – balikkan ayam goreng tepung ini hingga dapat matang rata.
Demikian artikel Membuat Ayam Goreng Tepung Renyah yang berisikan bagaimana cara membuat ayam goreng tepung menjadi renyah. Oke deh, selamat mencoba resep ayam goreng tepung renyah.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template