Sabtu, 19 Januari 2013

Tips Berkendara Menyetir Saat Melewati Banjir

Posted by David Nugroho at 12.26
Tips Berkendara Menyetir Saat Melewati Banjir. Menyetir saat banjir diperlukan para pengemudi saat berkendara menerjang banjir. Tak bisa dipungkiri banjir merupakan salah satu musuh utama bagi kendaraan bermotor. Melintas saat banjir bahkan dapat mengakibatkan kendaraan anda mogok ketika melintasinya. Memang bisa dikatakan berkendara saat banjir merupakan tantangan tersendiri ketika kita harus melintasi banjir.



Ketika banjir dan apalagi ditambah dengan kondisi hujan memang merupakan tantangan untuk para pengendara kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan jalanan yang tidak menentu dalam arti licin dan juga cengkeraman ban kendaraan anda tidak dapat maksimal, bahaya kendaraan anda dapat mogok juga siap mengintai anda ketika anda tidak sukses melintasi banjir tersebut.

Pada artikel kali ini, mikmbong akan membahas mengenai beberapa tips berkendara saat banjir atau bisa juga dikatakan tips menyetir saat banjir. Pada intinya, ketika kita akan menyetir dan berkendara melewati banjir kita harus bersiap dan menyiapkan diri kita. Hal ini sangat penting dalam menerjang banjir menggunakan kendaraan kita.

Pertama – tama kita harus menyiapkan peralatan yang diperlukan dan juga perlengkapan mobil kita. Selain itu kita juga harus paham dengan kondisi kendaraan kita apakah kira – kira dapat melewati banjir tersebut dalam arti jika memang kendaraan anda sehat, mungkin anda dapat mempertimbangan untuk menerobos banjir tersebut dimana langkah berikutnya tinggal bagaimana cara mengemudikannya ketika melewati banjir tersebut. Namun jika sejak awal kendaraan anda sudah tidak fit, lebih baik jangan memaksakan diri. Selain itu lihat juga kedalaman banjir dan pertimbangkan kendaraan anda. Jika memang kedalaman banjir tinggi dan groud clearance mobil anda rendah dan jika melewatinya mesin anda dapat tergenang, sebaiknya urungkan niat anda.

Selain itu kita juga harus menyiapkan mental kita ketika kita akan melewati banjir tersebut. kita harus mempersiapkan diri kita dimana kita akan menyetir dijalanan yang tergenang air banjir dimana seperti yang telah dikatakan diatas bahwa otomatis ban menjadi licin dan juga cengkeraman ban tidak maksimal. Selain itu perasaan ragu – ragu hanya membuat anda tidak dapat berkonsentrasi menyetir.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dicermati ketika anda akan menyetir untuk menerjang banjir.
  • Jauh lebih baik anda menyetir dengan stabil dan konstan dan menghindari mengebut atau melintas dengan kecepatan tinggi dimana melintas dengan kecepatan tinggi hanya membuat kerusakan bemper, air menciprati kaca depan hingga mengganggu pandangan, kerusakan mesin yang diakibatkan oleh masuknya air, bahkan yang terburuk bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Kendarailah perlahan secara konstan pada gigi 1 dikarenakan rpm nya akan stabil dan lebih tinggi dibandingan gigi 2 dan selebihnya.
  • Perhatikan intake mobil anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa menjaga knalpot jangan sampai kemasukan air merupakan hal yang sangat penting dimana oleh karena itu tak jarang ketika mengemudikan mobil melewati banjir, orang akan menginjak gas dalam-dalam ditambah dengan “setengah kopling”, dengan alasan untuk menjaga agar knalpot tidak kemasukan air. Padahal selama mobil di gas walau hanya perlahan, air tidak akan masuk ke dalam knalpot karena adanya udara yang keluar. Udara yang dibuang melalui knalpot terjadi karena ada udara yang masuk, melalui intake atau filter air. Namun berbeda dengan intake. Ketika mobil di gas, intake akan menyedot udara. Dan bayangkan seandainya intake anda terkena atau terendam air dan kemudian anda mengemudikan mobil anda. Intake mobil anda akan menyedot air masuk dan dapat menghantam mesin.
  • Setelah lolos dari banjir, cobalah rem berulang kali sebelum lenajutkan perjalanan. Mekanisme rem yang basah dan licin menyebabkan rem sering terasa seperti blong di saat banjir.

Demikian artikel Tips Berkendara Menyetir Saat Melewati Banjir yang membahas beberapat cara dan tips berkendara melewati banjir dan juga cara menyetir melewati banjir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template