Kamis, 07 Februari 2013

Menu Makanan Bayi Sehat

Posted by David Nugroho at 22.24

Menu Makanan Bayi

Menu makanan bayi merupakan menu dimana merupakan makanan bayi atau lebih tepatnya bisa dikatakan asupan untuk sang bayi. Tentu kita sebagai orang tua ingin menghadirkan dan memberikan hal yang terbaik bagi sang buah hati kita. Tentunya setiap orang tua ingin mempunyai bayi sehat dan tentunya bayi sehat tak lepas dari asupan yang diterima oleh sang buah hati itu sendiri.


Menu makanan bayi sendiri difokuskan kepada asupan makanan yang diperlukan untuk bayi hingga umur 12 bulan atau 1 tahun. Untuk pembagiannya sendiri, menu makanan bayi dibagi menjadi 4 bagian yaitu usia 0 – 6 bulan, usia 6 – 8 bulan. Usia 8 – 10 bulan dan usia 10 – 12 bulan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama artikel mengenai menu makanan bayi sehat berikut ini.

Usia 0 – 6 bulan.

Pada usia 0 – 6 bulan, menurut American Academy of Pediatrics, bayi sebaiknya hanya mendapatkan asi ekslusif mulai dari lahir hingga usia setidaknya 6 bulan. Hal ini membuat buah hati kita mendapatkan banyak nutrisi dan keuntungan yang terdapat pada asi. Kadang walau usia belum mencapai 6 bulan, kita kadang ingin memberikan makanan atau asupan lain selain asi. Namun kadang refleks ekstrusi atau tersedak dapat saja terjadi jika bayi Anda belum siap mengkonsumsi makanan padat, akibatnya bayi akan mendorong makanan keluar dari dalam mulut.

Usia 6 – 8 bulan.

Setelah bayi kita lepas dari umur 6 bulan, kita dapat mulai dengan perlahan dan sedikit demi sedikit memperkenalkan makanan padat pada buah hati kita. Kata kunci pada fase ini adalah memperkenalkan atau dengan kata lain belajar. Kita dapat mulai memperkenalkan makanan padat yang diselingi dengan pemberian asi. Kita dapat mencoba untuk memperkenalkan sereal bayi yang dapat ditambah dengan kombinasi susu, sayuran, atau buah-buahan dimana hal ini menjadikan makanan lebih substansial. Jangan lupa untuk tetap memberikan asi atau setidaknya susu untuk memperoleh gizi dan kalori yang cukup.

Usia 8 – 10 bulan.

Pada tahap usia 8 – 10 bulan,kita dapat melanjutkan memperkenalkan kepada menu bubur, buah dan juga sayuran pada menu makan bayi. Dengan mengenalkan makanan baru yang terdapat pada sereal bayi akan sangat membantu bayi dalam mengenali tekstur dan rasa makanan. Ktia dapat memberi dan menambahkan buah dalam menu makan bayi. Sayuran yang baik untuk ditambahkan dalam menu bubur bayi adalah kacang polong, ubi jalar, labu, dan wortel.

Usia 10 – 12 bulan.

Pada usia 10 – 12 bulan, bayi kita sudah mulai menunjukkan minat kepada makanan setelah kita memperkenalkan sang buah hati pada tahap sebelumnya. Bayi sudah mulai bisa duduk secara bebas dan dapat mengkonsumsi makanan dengan tangannya sendiri.ktia dapat memberikan makanan yang mudah larut seperti misal potongan mangga, pisang, anggur dan makanan lain yang mudah untuk dimakan. Kita juga dapat memberikan daging dan juga sayur yang tentunya telah diolah menjadi lembut.

Demikian artikel Menu Makanan Bayi Sehat yang berisikan menu makanan bayi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang mencari informasi mengenai menu makanan bayi.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template