Jumat, 26 Oktober 2012

Cara Memandikan Bayi dan Merawat Tali Pusat

Posted by Unknown at 12.27
Cara memandikan bayi dan merawat tali pusat merupakan pengetahuan yang sangat penting yang perlu diketahui oleh pasangan orang tua yang baru saja mempunyai bayi. Apalagi jika ini merupakan anak pertama. Tentunya hal ini akan menyebabkan orang tua baru yang belum berpengalaman mungkin tidak tahu dan bingung bagaimana cara memandikan bayi dan merawat tali pusat dimana mungkin ingin melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan baby sitter atau memanggil jasa untuk memandikan bayi dan merawat tali pusat.


Yang terpenting ketika memandikan bayi dan merawat tali pusat adalah jangan sampai grogi. Karena kalau grogi akan membuat salah tingkat dan mungkin malah bisa berakibat yang kurang baik. Percaya dirilah ketika memandikan bayi dan merawat tali pusat. Percaya diri lah bahwa toh anda tidak akan sembrono dan main – main dengan anak anda sendiri.

Berikut cara memandikan bayi :
  1. Pertama siapkan air hangat, waslap , sabun dan shampoo khusus bayi. Perlu diingat bahwa air hangat untuk bayi berbeda ukurannya dengan air hangat nya orang dewasa. Selain itu jangan pernah meninggalkan bayi anda sendirian ketika mandi. 
  2. Baringkan bayi diatas kain atau handuk. Jika mempunyai tempat khusus untuk menaruh bayi saat mandi juga dapat digunakan. 
  3. Membersihkan wajah menggunakan waslap basah, usap dengan lembut bagian kelopak mata, bagian belakang telinga, bawah dagu serta kedua sudut bibir. Lakukan dengan penuh kelembutan dan ketelitian. 
  4. Gosokkan secara perlahan dan lembut sabun bayi keseluruh tubuh bayi seperti leher, ketiak, telapak tangan dan kaki, termasuk sela jari tangan dan kaki. Jangan lupa juga lipatan kulit yang ada di siku dan lutut. 
  5. Diusahakan jangan membasuh tali pusat dan minimalkan kontak dengan sabun. 
  6. Gunakan sampo khusus bayi untuk membersihkan rambut atau kulit kepala. Walaupun mungkin sampo anda terdapat tulisan tidak pedih dimata, tetap usahakan hati – hati dan sebisa mungkin tidak terkena mata. 
  7. Bilas seluruh tubuh dengan waslap basah yang baru yang bersih atau bisa juga dimandikan didalam ember yang berisi air hangat. 
  8. Keringkan dengan handuk yang lembut dan lakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang.
Tali pusat memerlukan perawatan yang perlu ketelitian apalagi ketika masih belum kering atau belum lepas. Sangat dianjurkan dan diusahakan jangan sampai tali pusat terkena infeksi, oleh karena itu usahakan tetap steril . Rawatlah tali pusat setelah mandi. Tentunya ketika mandi maka tali pusat akan basah dikarenakan terkena air, oleh karena itu perlu perawatan yang harus dilakukan.

Berikut cara merawat tali pusat :
  1. Pertama – tama cuci tangan sebelum melakukan perawatan tali pusat. Hal ini supaya meminimalisasi kuman. 
  2. Bersihkan tali pusat dengan kasa alkohol. Kalau bisa gunakanlah kasa hidrofil dimana kasa ini lebih dapat menyerap cairan sehingga dapat basah jika diberi alkohol. 
  3. Biarkan tali pusat terbuka, jangan dibungkus dengan kasa. 
  4. Lakukan setiap hari setelah mandi. 
Demikianlah cara memandikan bayi dan merawat tali pusat. Tidak perlu mencontoh 100 persen langkah diatas jika mungkin anda mengalami kesulitan. Lakukan apa yang menurut anda perlu serta baik dan benar. Yakinlah anda pasti bisa toh semua nya terlihat oleh mata. Tidak perlu kuatir dan hindarkanlah pikiran negative atau pikiran buruk. Yakinlah anda bisa memandikan bayi anda dan merawat tali pusat bayi anda.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template