Senin, 29 Oktober 2012

Kelebihan keunggulan Lampu LED dan Kekurangan Lampu LED

Posted by David Nugroho at 05.45
Lampu LED atau Light Emitting Diode pada saat ini sudah tidak lagi menjadi barang yang eksklusif. Bahkan bisa dikatakan lampu LED pada saat ini sudah mulai mendapat perhatian masyarakan dikarenakan memiliki kelebihan lampu LED dibandingkan dengan lampu jenis lainnya. Berbagai keunggulan seperti hemat biaya listrik dan lebih ramah lingkungan serta lebih awet menjadi kelebihan lampu LED yang menyebabkan lampu ini mulai dilirik banyak orang.

Lampu LED

Lampu LED tanpa kita sadari sudah menyebar di berbagai perangkat elektronik kita. Ketika anda menggunakan perangkat elektronik seperti televisi, computer, speaker, dan aneka perabot elektronik lainnya yang mempunyai lampu kecil yang akan menyala sebagai tanda bahwa perangkat tersebut sedang dalam posisi on , lampu kecil itu adalan light emitting diode yang akrab disebut dengan LED. LED merupakan salah satu semikonduktor yang mengubah energy listrik menjadi cahaya.

LED merupakan perangkat padat dan keras sehingga membuat LED mempunyai ketahanan yang cukup lama. Selain itu LED hanya menggunakan konsumsi daya yang relative rendah dan usia yang lebih dari 50 ribu jam. Bahkan menurut prediksi, dengan semakin murahnya biaya produksi lampu LED, di tahun 2013 nanti lampu tradisional lainnya akan mulai ditinggalkan dan kebanyakan mulai beralih menggunakan lampu LED.

Berikut merupakan kelebihan dan keunggulan lampu LED :
  1. LED mempunyai umur penggunaan yang lebih lama dibanding lampu biasa. LED bisa mencapai keawetan hingga 100 ribu jam. 
  2. LED mempunyai efisiensi energy yang lebih baik dibanding lampu lainnya. Bahkan LED bisa hemat energy hingga 80 – 90 persen. Selain itu LED juga memiliki tegangan DC yang rendah. 
  3. LED mengeluarkan cahaya yang tidak panas. LED tidak mempunyai sinar UV dan energy panas. 
  4. LED mempunyai ukuran yang praktis dan mini 
  5. LED dikarenakan hanya membutuhkan konsumsi listrik yang sedikit maka akan membuat hemat biaya dalam hal irit biaya listrik 
  6. LED mempunyai dampak positip bagi lingkungan dikarenakan tidak mempunyai kandungan merkuri dan tidak menambah pemanasan global dikarenakan efisiensi energy sehingga hanya membutuhkan konsumsi energy yang rendah. 

Selain itu dikarenakan berasal dari bahan semi konduktor sehingga LED tidak dibuat dari bahan karbon. Selain keunggulan dan kelebihan lampu LED diatas, lampu LED juga mempunyai kekurangan dimana membuat orang sedikit berpikir untuk membelinya. Berikut kekurangan lampu LED :
  1. Harga lampu LED sendiri yang cukup mahal 
  2. Jika suhu lingkungan tidak stabil maka dapat menyebabkan LED mengalami gangguan elektrik. 
  3. Intensitas cahaya yang termasuk kecil. 
Walaupun LED mempunyai kekurangan tersebut, namun jika melihat dan mempertimbangkan kelebihan dan keunggulan LED tersebut membuat LED memang layak untuk dipertimbangkan. Bahkan sebagian besar sudah mulai mengganti lampu ruangan dengan lampu LED. Hal ini dikarenakan efisiensi LED yang sangat menarik. Bayangkan saja, lampu LED 8 watt akan lebih terang dibandingkan lampu biasa atau neon sebesar 20 watt. Dari sini bisa dihitung berapa efisiensi dari biaya pemakaian listrik. Selain itu garansi lampu LED lebih panjang dibandingkan dengan lampu biasa dikarenakan lampu LED itu sendiri memang mempunyai waktu nyala yang lebih lama.

Oke deh, demikian artikel mengenai kelebihan keunggulan lampu LED dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template