Minggu, 30 Desember 2012

Karang Gigi | Mencegah dan Menghilangkan

Posted by Unknown at 23.45

Karang Gigi

Karang gigi pada dasarnya adalah plak. Dental calculus alias karang gigi merupakan plak yang dikarenakan mineral yang didapat dari cairan mulut menyebabkan plak tersebut sulit dibersihkan dan menjadi mengeras. Bisa dikatakan karang gigi merupakan perpaduan antara plak yang bercampur dengan bakteri dan lapisan tipis pada gigi yang disebut pelikel dimana perpaduan itu menyebabkan timbulnya karang gigi.


Karang gigi sendiri proses pembentukannya berbeda antara orang satu dengan lainnya. Bisa dikatakan ada orang yang berbakat atau dengan cepat dapat terbentuk karang gigi dan ada juga yang sangat lambat prosesnya terbentuknya karang gigi. Hal yang mempengaruhi cepat atau lambatnya terbentuknya karang gigi misalnya cara orang tersebut membersihkan gigi, selain itu pola makan dan kekentalan air liur pun dapat mempengaruhi proses terbentuknya karang gigi.

Mencegah

Berikut ini cara mencegah terbentuknya karang gigi :
  • Membersihkan gigi dan mulut dengan cara yang benar. Bisa dikatakan terbentuknya karang gigi dikarenakan sisa – sisa dari makanan yang tertinggal karena kurang bersihnya ketika kita membersihkan gigi dan mulut
  • Menggunakan obat kumur dimana obat kumur sendiri mengandung antibakteri yang dapat mencegah timbulnya karang gigi.
  • Menggunakan benang gigi untuk lebih dapat membersihkan gigi secara lebih sempurna dimana benang gigi atau dental floss dapat menjangkau tempat yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.
  • Banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti misalnya sayuran hijau
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c dimana vitamin c dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan gusi.
  • Menghindari sebisa mungkin hal – hal yang dapat menyebabkan karang gigi lebih cepat terbentuk seperti misalnya merokok dan juga minum kopi.
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi dimana pemeriksaan gigi merupakan langkah awal dalam mencegah gigi mengalami masalah 

Menghilangkan

Pada dasarnya menghilangkan karang gigi harus dibantu seorang dokter gigi. Hal ini dikarenakan gerakan alat untuk menghilangkan karang gigi tidak dapat sembarangan sehingga tidak malah melukai gusi dan membuat gigi semakin rusak serta menipisnya lapisan email. Selain itu ketika karang gigi sudah terbentuk, walaupun kita sudah semaksimal mungkin berusaha membersihkan gigi namun karang gigi tidak dapat hilang sempurna walau mungkin hanya bersisa segaris tipis.

Dokter gigi ketika menghilangkan karang gigi akan melakukan pembersihan karang gigi atau yang sering disebut scaling, dimana scaling sendiri akan menggunakan alat khusus yang dapat membersihkan karang gigi yaitu scaler yang mempunyai 3 macam yaitu manual, ultrasonic dan supersonic. Pada saat ini yang terpopuler adalan scaler ultrasonic yang dapat membersihkan dengan lebih mudah dan cepat serta tidak begitu menimbulkan nyeri.

Demikian artikel Karang Gigi | Mencegah dan Menghilangkan dimana artikel ini membahas tentang karang gigi dengan bagaimana cara mencegah karang gigi serta menghilangkan karang gigi. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang mempunyai masalah karang gigi.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template