Jumat, 21 Desember 2012

Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Efektif

Posted by Unknown at 23.44

Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat merupakan gangguan hidung yang seperti tersumbat. Seringkali hidung tersumbat menghampiri ketika kita sedang dalam kondisi misalnya kedinginan, alergi, flu dan mungkin sinusitis. Hidung tersumbat bisa dikatakan sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman.


Hidung tersumbat seringkali disebabkan karena ada lendir dalam hidung kita. Walaupun begitu kita harus tetap menjaga agar sinus kita tetap lembab. Banyak orang salah kaprah dengan berpikir bahwa udara kering mengurangi hidung berlebih, padahal pada kenyataannya mukosa hidung yang kering dapat membuat cairan lendir yang keluar dari hidung menjadi lebih banyak.

Jikalau kita kedokter, dokter akan menganjurkan untuk menggunakan semprotan hidung yang mengandung dekongestan. Bahkan seringkali banyak orang yang tanpa resep dokter pun langsung membeli semprotan hidung atau dekongestan ini tanpa melalui resep dokter. Padahal dekongestan yang berbentuk semprotan hidung ini tidak berlaku untuk semua permasalahan hidung tersumbat.

Hidung tersumbat paling sering melanda kita ketika kita sedang mengalami flu. Jika kita mengalami hidung tersumbat karena flu atau pilek, kita dapat mencoba untuk mengatasi hidung tersumbat secara alami dan efektif. Berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan efektif.

Cara mengatasi hidung tersumbat :

  • Cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengompres wajah dengan kompres / handuk yang hangat. Hal ini dapat melembabkan udara pernafasan, menghangatkan hidung dan sinus membuat pembengkakan dan produksi lendir berkurang yang melegakan hidung.
  • Cara mengatasi hidung tersumbat dengan larutan air garam. Rebus air yang telah diberi sedikit garam. Setelah itu gunakan larutan air garam ini untuk mengairi rongga sinus. Air garam membersihkan hidung dan rongga sinus dari kotoran, kuman dan alergen sekaligus melembabkan.
  • Cara mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup minyak kayu putih atau juga dapat menghirup bahan yang mengandung menthol seperti teh peppermint, permen peppermint atau produk lainnya yang mengandung bahan yang sama.
  • Cara mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup uap air hangat yang dapat menghangatkan sekaligus melembabkan hidung, mengurangi pembesaran khonka hidung yang memproduksi lendir.
Selain cara diatas, kita sebisa mungkin menghindari berenang di kolam renang yang diklorinasi dimana walaupun air melembabkan tetapi klorin di kolam dapat mengiritasi selaput lendir hidung. Selain itu jika kita mengalami hidung tersumbat dikarenakan alergi, ketahui alergen-alergen apa yang memicu iritasi hidung anda dan hindari sebisa mungkin.

Demikian artikel Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Efektif yang membahas tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan efektif.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template