Rabu, 19 Desember 2012

Tips Berlibur Liburan Hemat | Tidak Boros

Posted by Unknown at 20.38

Liburan Hemat

Liburan hemat menjadi salah satu poin penting ketika kita ingin berlibur namun tidak boros dan mengeluarkan uang banyak. Sebenarnya disini arti dari hemat ialah liburan yang tidak menggunakan sembarangan uang dan tidak menghambur – hamburkan uang. Jadi bukan berarti hemat disini ialah misalnya sebisa mungkin tidak perlu keluar uang jadi kalau tidak perlu ya tidak usah makan. Bukan seperti itu yang dimaksudkan liburan hemat.


Liburan hemat atau tidak boros bisa diartikan bagaimana kita menggunakan uang semaksimal mungkin. Semaksimal mungkin disini bukan berarti menghabiskan uang sebanyak mungkin, namun lebih kepada se efektif mungkin. Lebih kepada bagaimana kita mengatur keuangan kita agar tidak terjadi pemborosan.

Pada kali ini mari kita mengambil contoh tentang misalnya liburan akhir tahun. Seperti yang kita ketahui, liburan akhir tahun termasuk musim High Season dan tentunya harganya menjadi lebih mahal dibanding harga di musim Low Season. Jika memang anda hanya dapat liburan ketika high season, mau tidak mau tentu harus anda ambil untuk dapat berlibur bersama keluarga. Jika tidak, anda dapat mempertimbangkan untuk menunggu ketika musim high season habis sehingga anda mendapatkan harga yang murah.

Lalu bagaimana cara kita agar dapat berlibur dengan hemat dan tidak boros? Mari kita simak bersama tips persiapan liburan sehingga liburan kita tetap hemat dan tidak boros.

Tips cara liburan hemat :
  • Membuat anggaran liburan. Hal ini penting agar kita tidak over budget. Untuk membuat anggaran liburan kita dapat mencari informasi terlebih dahulu mengenai destinasi liburan, akomodasi dan hiburan selama disana. Jangan lupa memasukkan biaya yang diperlukan seperti biaya makanan, kendaraan dan sebagainya.
  • Menyusul jadwal acara liburan. Segala yang dimulai dari persiapan pasti lebih bagus hasilnya. Begitu pula dengan liburan. Seringkali pemborosan terjadi karena kita kurang melakukan perencanaan. Jika kita telah menyusun persiapan dan perencanaan, kita dapat lebih hemat dan efisien. Jika anda mempunyai GPS, tidak ada salahnya untuk membawa ketika sedang berlibur.
  • Sebisa mungkin tidak menggunakan kartu kredit. Kartu kredit adalah hutang. Jangan lupakan hal yang satu ini. jika memang anda menggunakan kartu kredit dengan alasan keamanan dibanding uang tunai, anda sebisa mungkin harus membatasi pemakaian kartu kredit. Atau anda dapat menggunakan kartu debit sebagai alternative kartu kredit.
  • Membawa sendiri peralatan yang telah kita punyai sebisa mungkin. Misalnya kita telah mempunyai kamera dslr canon atau kamera dslr Nikon. Tidak ada salahnya kita membawa kamera tersebut untuk berfoto daripada kita mengeluarkan biaya extra untuk membayar jasa foto keliling dan sebagainya.
  • Bahagia dengan liburan kita. Liburan artinya berhenti sejenak dari aktivitas rutin harian selama ini, untuk mendapatkan waktu yang berkualitas untuk keluarga atau diri sendiri. Jadi nikmatilah waktu liburan anda dan bersenang – senanglah dengan liburan itu tanpa perlu menyesal misalnya kenapa berlibur di tempat tersebut bukannya di tempat wisata lainnya. hal ini hanya dapat membuat hati tidak nyaman dan tenang. Dan dimana hati tidak nyaman dapat membuat anda menjadi boros hanya untuk sekedar menenangkan hati.

Demikian artikel Tips Berlibur Liburan Hemat | Tidak Boros yang membahas tentang tips bagaimana kita dapat berlibur atau liburan hemat dan tidak boros.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template