Minggu, 16 Desember 2012

Tips Cara Membuat Cupcake Mengembang

Posted by David Nugroho at 22.09

Cupcake

Cupcake merupakan salah satu jenis cake yang disukai oleh banyak orang. Keindahan dan kelezatan cupcake seolah menggoda kita untuk menikmati jenis cake yang satu ini. Banyak toko roti dan cake yang menjual aneka cupcake yang berbentuk menarik dan kelihatan lezat. Walau kita dapat membeli cupcake dengan mudah, namun tak ada salahnya jika kita membuat cupcake sendiri dirumah bukan?


Nah namun kebanyakan orang tidak mau membuat cupcake sendiri dengan alasan susah membuat cupcake yang dapat mengembang sempurna, padahal jika cupcake yang kita buat tidak mengembang sempurna, cupcake buatan kita pun terlihat kurang menarik. Lalu bagaimana cara membuat cupcake dapat mengembang sempurna sehingga terlihat lebih lezat dan menarik?

Pada dasarnya yang terpenting dalam membuat cupcake sehingga mengembang dengan indah dan sempurna terletak pada cara pencampuran bahan, ketika kita menuang adonan, setelah itu memanggang cupcake dan kemudian penyimpanan cupcake setelah jadi. Wah, kelihatan simple ya. Namun jika kita tidak melakukan dengan cermat, kita malah hanya menghasilkan cupcake yang tidak mengembang sehingga tidak indah lho. Yuk kita cermati lebih dalam lagi cara membuat cupcake sehingga dapat mengembang

Cara membuat cupcake mengembang :


Pencampuran bahan cupcake
  • pencampuran bahan sendiri sebenarnya merupakan kunci dasar ketika kita membuat cupcake. Kita harus menyaring bahan – bahan kering sebelum mencampurkan semua bahannya dan juga harus mengukur bahan – bahan untuk membuat cupcake dengan tepat dimana serinkali karena ada satu kelebihan bahan bisa mengacaukan adonannya
  • Selain itu pada Pencampuran bahan cupcake ada baiknya kita mencampur bahan – bahan dalam suhu kamar dimana hal ini dapat membantu menghindari terbentuknya gelembung udara di dalam adonan. Terlalu lama mengocok adonan juga bisa membuat cupcake jadi lebih rapuh.

Menuang adonan cupcake
  • Sebaiknya kita mengisi adonan dengan diusahakan sebisa mungkin sama setiap cup cupcake kita sehingga tidak mempunyai ukuran yang berbeda satu dengan yang lain. Kita dapat menggunakan sendok es krim untuk dapat meratakan adonan kue
  • Pastikan anda mengisi maksimal 3/4 bagian cup saja. 

Memanggang cupcake
  • Pastikan temperature dan waktu yang akan anda gunakan untuk memanggang cupcake. Jangan memanggang cupcake terlalu lama dimana hanya malah membuat cupcake menjadi gosong dan keras.
  • Panaskan oven terlebih dulu, dan periksa kematangannya saat memanggangnya.
  • Tusuk dengan tusuk gigi di bagian tengah kue dan pastikan tidak ada adonan yang menempel. Jika sudah tak ada yang menempel, maka cupcake ini sudah matang.
  • Jangan lupa memutar Loyang yang berisi cup cupcake kita yang berguna untuk meratakan panas.

Penyimpanan Cupcake
  • Penyimpanan cupcake tidak bisa dianggap remeh. Untuk mendapatkan hasil cupcake yang maksimal, gunakan rak pendingin untuk menghilangkan uap panasnya setelah cupcake matang. Letakkan di rak pendingin selama lima belas menit sampai satu jam.
  • Disarankan jangan menyimpan cupcake dalam lemari es karena bisa membuatnya jadi kering.
  • Sebaiknya simpan cupcake dalam wadah kedap udara di suhu kamar.

Demikian artikel Tips Cara Membuat Cupcake Mengembang yang berisikan informasi dan cara membuat cupcake sehingga dapat mengembang sempurna. Selamat mencoba.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template