Minggu, 16 Desember 2012

Cerita Pohon Natal dan Asal Usul Pohon Natal

Posted by David Nugroho at 21.53

Pohon Natal

Pohon natal bisa dikatakan identik dengan natal itu sendiri. Ketika natal tiba, tak jarang kita menemui pohon natal yang dipasang untuk memperingati dan memeriahkan hari besar umat kristiani tentang kelahiran Tuhan Yesus. Namun mengapa bisa ada pohon natal? Dari mana asal mula pohon natal itu sendiri. Hingga saat ini bisa dikatakan tidak ada satupun yang tahu dengan pasti asal mula cerita pohon natal itu sendiri. Cukup banyak legenda dan cerita yang mewarnai asal mula pohon natal.


Natal bisa dikatakan salah satu hari besar umat kristiani yang sudah ditunggu – tunggu. Tradisi pohon natal sendiri sudah dimulai cukup lama dan akan terus menemani hari natal bahkan hingga tahun 2020 mendatang pun keindahan pohon natal masih akan menemani kita. Keindahan lampu kelap – kelip dan juga hiasan ornament natal siap mempercantik pohon natal.

Pada hari natal, tak ada salahnya kita mengucapkan selamat hari natal kepada orang – orang yang merayakan hari natal yang dapat diucapkan melalui banyak cara seperti misalnya melalui sms natal yang dapat kita kirimkan melalui semua ponsel yang pasti mempunyai fitur sms, kemudian bagi yang mempunyai blackberry kita dapat mengirimkan melalui fitur autotext emoticon blackberry natal yang merupakan autotext emoticon blackberry yang khusus berisikan pesan – pesan natal. Selain kedua cara yang melibatkan ponsel, anda juga bisa mengirimkan kartu ucapan natal yang dapat dikirimkan baik melalui pos maupun mungkin dapat mengirimkan menggunakan surel atau email seperti gmail.

Mengucapkan natal termudah juga dapat dikirimkan menggunakan media jejaring social seperti fb dan juga socl yang merupakan situs jejaring social bikinan Microsoft. Mungkin kita dapat share photo atau gambar ucapan natal yang berisikan gambar dan pesan – pesan natal. Kita juga dapat mengirimkan photo keluarga dengan tema natal untuk dapat dikirimkan sebagai kartu ucapan natal. Jika anda mempunyai kamera dslr canon atau kamera dslr Nikon, tak ada salahnya anda menggunakan kamera dslr tersebut untuk menghasilkan photo yang lebih indah.

Kembali kepada pohon natal, lalu sebenarnya seperti apa sih cerita yang mengilhami penggunaan pohon natal itu sendiri? Yang terkenal dari semua cerita tentang asal usul pohon natal ada 2, yaitu tentang pengalaman "supranatural" St. Boniface dan juga cerita Martin Luther dan pohon cemaranya. Lalu seperti apa ceritanya? Mari kita simak bersama

Cerita St. Boniface
  • St. Boniface merupakan seorang pendeta inggris yang memimpin beberapa gereja di Jerman dan Perancis. Suatu hari dalam perjalanannya dia bertemu dengan sekelompok orang yang akan mempersembahkan seorang anak kepada dewa Thor di sebuah pohon oak.
  • Pendeta St. Boniface mencoba untuk menghentikan perbuatan jahat mereka, secara ajaib St. Boniface merobohkan pohon oak tsb dengan pukulan tangannya. Setelah kejadian yang menakjubkan tersebut di tempat pohon oak yang roboh tumbuhlah sebuah pohon cemara.

Martin Luther dan pohon cemara. 
  • Martin Luther yang merupakan tokoh Reformasi Gereja, sedang berjalan-jalan di hutan pada suatu malam. Terkesan dengan keindahan gemerlap jutaan bintang di angkasa yang sinarnya menembus cabang-cabang pohon cemara di hutan, Martin Luther menebang sebuah pohon cemara kecil dan membawanya pulang pada keluarganya di rumah.
  • Setelah sampai dirumah, Martin Luther yang menginginkan gemerlap bintang yang sinarnya menembus cabang-cabang pohon cemara seperti di hutan, dia memasang lilin-lilin pada tiap cabang pohon cemara tersebut. Hal ini mengilhami penggunaan lampu pada pohon natal saat ini. Bahkan pada saat ini dengan kemajuan teknologi, lampu pohon natal ada yang sudah menggunakan LED.

Disamping kedua cerita tersebut, masih banyak lagi cerita – cerita natal yang berhubungan dengan natal. Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah dikarenakan pohon natal hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain "evergreen". Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Demikian artikel Cerita Pohon Natal dan Asal Usul Pohon Natal yang menceritakan tentang cerita pohon natal dan asal – usul pohon natal. Sebagai penutup, ijinkan mikmbong mengucapkan, selamat hari natal, semoga damai natal menyertai anda sekeluarga. Tuhan memberkati.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template