Senin, 07 Januari 2013

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Posted by David Nugroho at 23.52

Asuransi Mobil

Asuransi mobil pada saat ini sudah merupakan sesuatu yang umum jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Bahkan bisa dikatakan asuransi mobil pada saat ini termasuk hal yang lumrah didapati pada setiap kendaraan terutama kendaraan baru. Tak jarang setiap penjualan mobil terutama yang kredit pasti sudah dilengkapi asuransi mobil.


Asuransi mobil sangat diperlukan ketika kita mengalami suatu masalah ketika kita berkendara. Bukannya kita berharap hal yang buruk terjadi, namun bisa dikatakan asuransi mobil lebih bertujuan untuk berjaga – jaga jikalau terjadi sesuatu. Bukankan kita tidak dapat mengetahui hal apa yang akan terjadi di kemudian hari. 

Asuransi mobil sendiri memang tidak bisa dipungkiri walau pada saat ini banyak orang yang menggunakannya, namun ada pula yang masih ragu untuk menggunakan asuransi mobil. Ada yang beralasan rumitnya proses klaim, terus juga kita juga masih harus membayar biaya polis asuransi dan juga biaya klaim asuransi seperti own risk atau resiko sendiri yang dibayarkan setiap kita mengajukan klaim asuransi. 

Kebanyakan orang yang enggan menggunakan asuransi mobil lebih kepada alasan yaitu rumitnya proses klaim asuransi mobil dibandingkan dengan faktor biaya yang harus dibayarkan. Mereka kebanyakan menyadari bahwa untuk mendapatkan sebuah pelayanan tentu ada harga yang harus dibayar. Namun ribetnya prosedur klaim asuransi mobil ini lah yang membuat orang menjadi enggan untuk mempunyai asuransi mobil

Prosedur Klaim

Prosedur klaim asuransi mobil sendiri bukan merupakan hal yang mudah jika kita sudah mengetahui langkah apa saja yang harus kita lakukan dan kita laksanakan. Kesan ribet dan rumit sangat jauh jika kita sudah mengetahui dengan pasti apa saja prosedur klaim asuransi mobil ketika kita akan mengajukan klaim. Berikut ini prosedur umum klaim asuransi mobil yang harus dilakukan.

Prosedur klaim asuransi mobil :

  • Untuk dapat mengajukan klaim asuransi pertama kali kita harus mengetahui batas maksimal pelaporan untuk klaim asuransi sejak peristiwa yang kita alami yang perlu kita klaim. Kebanyakan asuransi menetapkan batasan 5 x 24 jam sejak peristiwa terjadi. Oleh karena itu jika kita ingin klaim asuransi, sebisa mungkin jangan melewati batas maksimal tersebut untuk lapor klaim asuransi.
  • Setelah kita lapor, kita perlu untuk surver klaim. Survey klaim sendiri adalah sebenarnya untuk pembuktian kebenaran peristiwa yang kita alami yang kita klaim kan asuransi. Biasanya kita mendatangi kantor cabang asuransi kita untuk menunjukkan mobil kita yang akan kita klaimkan. Jika keadaan tidak memungkinkan kita bisa meminta untuk pihak surveyor asuransi untuk mendatangi kita untuk melihat kendaraan kita
  • Setelah pelaporan dan survey dilakukan, kita akan mendapatkan surat perintah kerja yang diperlukan untuk perbaikan di bengkel.
  • Setelah kita mendapatkan SPK atau surat perintah kerja tersebut, segeralah pergi ke bengkel untuk memperbaiki kendaraan anda
Demikian artikel Prosedur Klaim Asuransi Mobil yang memuat informasi mengenai prosedur klaim asuransi mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan mengajukan klaim asuransi mobil.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template