Rabu, 09 Januari 2013

Tanggapan Ahok | Twitter Farhat Abbas

Posted by Unknown at 23.57
Tanggapan Ahok | Twitter Farhat Abbas. Twitter farhat abbas yang berisi tentang kritik yang ditujukan kepada wakil gubernur DKI yaitu Basuki T Purnama yang lebih akrab dipanggil ahok ini ternyata menimbulkan polemik yang berkepanjangan. Twitter yang ditulis oleh Farhat abbas yang notabene seorang pengacara ini ditulis di akun twitter farhat abbas yaitu @farhatabbaslaw.


Pada twitter farhat abbas yaitu @farhatabbaslaw, farhat abbas menulis "Ahok protes, Dasar Ahok plat Aja diributin! Apapun plat nya tetap Cina !". Tweet yang ditulis oleh farhat abbas yang ditujukan untuk wagub DKI Basuki T Purnama atau Ahok ini ternyata tidak hanya sekedar dan hanya sampai ke sebuah tweet belaka. Pemakaian kata ‘cina’ yang notabene ditujukan untuk pak ahok ini malah menjadikan tweet ini bersinggungan dengan persoalan sara yang dimana malah menjadikan sebuah permasalahan yang lebih kompleks.

Seperti yang telah kita ketahui, wagub DKI yaitu Basuki T Purnama ini merupakan seorang warga Indonesia yang kebetulan berketurunan cina. Selain itu tentu kita mengetahui tentang polemik yang membahas tentang plat nomor khusus yang diperuntukkan untuk para pejabat maupun merupakan plat nomor khusus namun ternyata nomor kendaraan tersebut bisa digunakan oleh masyarakat awam. Hal inilah yang merupakan awal mula kisah tentang heboh plat nomor kendaraan.

Ternyata kasus tentang plat nomor ini sampai juga ke telinga farhat abbas, dimana kemudian dia mengirim tweet melalui akun twitter dia yaitu @farhatabbaslaw yang membahas tentang plat nomor kendaraan tersebut.

Berikut ini isi twitter farhat abbas tentang ahok.
  • “Ahok sana sini protes plat pribadi B 2 DKI dijual polisi ke org Umum katanya! Dasar Ahok plat Aja diributin! Apapun plat nya tetap Cina! “.
Ternyata twitter inilah yang menjadi awal muasal permasalahan dimana farhat abbas dianggap rasis dikarenakan twitter tersebut menyebutkan kearah etnis tertentu. Bahkan ketua Komunitas Intelektual Muda Betawi (KIMB) telah melaporkan Farhat Abbas dengan mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya untuk melaporkan Farhat Abbas terkait pernyataannya di jejaring sosial Twitter. Menurut ketua KIMB Ramdan Alamsyah, Farhat Abbas melanggar UU 40 Tahun 2008 Pasal 4 dan 16 dengan tuduhan sara dan UU ITE No. 27 ayat 2 terkait 'kicauannya' di Twitter,"

Ketua DPP Gerindra Bidang Advokasi, Habiburokhman, juga memberi keterangan bahwa Tweet tersebut patut disesalkan karena dianggap banyak orang berbau rasis. “Farhat Abbas harus menjelaskan apa maksud dia bicara begitu, tanpa penjelasan yang detail dari Farhat Abbas, maka publik dapat saja menilai dia telah menunjukkan kebencian kepada etnis Cina melalui akun twitter tersebut, ujar Habiburokhman.

Tanggapan Ahok atau Wagub DKI Basuki T Purnama sendiri menanggapi tweet dari farhat abbas tersebut dengan santai. Pria yang sering dipanggil Pak Ahok ini hanya mengatakan "Masa masih ada orang yang berpikiran seperti itu. Saya pikir itu seperti itu sudah masa lalu saja," ketika beliau berada di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Pada kesempatan ini, Pak Ahok juga malah menyampaikan simpati kepada Farhat bukannya malah memperpanjang permasalahan kicauan Farhat Abbas tersebut. Pak Ahok mengatakan bahwa "Kasihan juga, pasti banyak diserang orang. Apalagi sekarang kan masanya generasi muda," dan juga "Nggaklah, sekarang dia pasti diserang banyak orang itu," yang menunjukkan bahwa Pak Ahok tidak berniat memperpanjang urusan kicauan tersebut secara pribadi.

Walaupun Farhat Abbas berusaha menampik tuduhan bahwa dirinya rasialis dengan berkata "Itu bukan rasialis, itu penjelasan. Bahwa Ahok bagaimanapun mau pakai pelat B 2 atau tidak tetap non pribumi," , namun tampaknya masyarakat umum menilai bahwa memang kicauan tersebut bernada rasialis dimana hal tersebut juga diperkuat dengan adanya laporan dari Komunitas Intelektual Muda Betawi (KIMB) dan juga komentar – komentar miring tentang kicauan tersebut yang tersebar di berbagai media online.

Demikian artikel Tanggapan Ahok | Twitter Farhat Abbas yang memberi informasi mengenai kejadian pada saat ini yaitu tentang twitter farhat abbas yang berhubungan dengan Pak Ahok.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template