Jumat, 01 Maret 2013

Mencegah Karat Sepeda Motor

Posted by Unknown at 03.39

Karat

Mencegah karat pada sepeda motor pada dasarnya adalah mencegah karat agar tidak menjangkiti sepeda motor kita. Seperti yang kita ketahui, karat sendiri dapat merusak dan juga membuat keropos. Bayangkan saja jika sepeda motor kita terkena karat dan kemudian keropos. Selain tidak enak dipandang, karat juga dapat membuat motor kita cepat rusak. Oleh karena itu kita tidak dapat menganggap sepele mencegah karat sepeda motor.


Sepeda motor sendiri pada saat ini masih merupakan alat transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Kemudahan dan kelincahan berkendara di jalan menyebabkan motor yang satu ini masih banyak diminati. Oleh karena itu tentu kita harus menjaga kendaraan kita ini tetap fit. Selain itu juga tak ada salahnya kita menjaga sepeda motor kita dari serangan karat.

Salah satu cara termudah dari mencegah motor dari serangan karat adalah rajin mencuci sepeda motor terutama jika motor kita habis terkena hujan. Zat asam yang terdapat pada air hujan yang akan menempel pada sepeda motor kita jika kehujanan dapat menyebabkan karat jika bekas air hujan itu menempel lama di motor kita. Mencuci sepeda motor kita setelah habis hujan walau memang cuaca masih galau seperti pada saat ini memang kadang membuat kita malas untuk mencuci motor. Hanya saja jika motor anda kehujanan, mencuci motor dapat menjadi hal yang bisa dikatakan wajib dilakukan dimana selain membuat sepeda motor kita bersih mengkilap dan juga dapat menjaga kinerja motor kita tetap maksimal.

Mencegah karat

Dalam mencuci sepeda motor kita, kita perlu mencermati beberapa hal yang perlu kita bersihkan ketika kita mencuci sepeda motor kita agar dapat mencegah karat sepeda motor. Berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang perlu dibersihkan agar dapat mencegah karat pada sepeda motor
  • Mencegah karat pada rantai. Setelah kita mencuci motor kita, perhatikan rantai motor kita. Bersihkan kotoran yang melekat dan juga semprotkan pelumas rantai. Jangan biarkan rantai yamaha vixion anda menjadi rusak hanya dikarenakan karat
  • Mencegah karat pada rem. Rem disini dimaksudkan pada kanvas rem dan juga piston cakram rem. Setelah dicuci, injak rem berulang kali utuk membuat kanvas menjadi kering. Rem sendiri seperti yang kita ketahui merupakan bagian yang penting di motor kita. Kita tentu ingin motor yamaha xeon kita tetap mempunyai rem yang pakem.
  • Mencegah karat pada knalpot. Leher knalpot termasuk salah satu bagian yang sering dan mudah terkena karat. Hal ini disebabkan air hujan yang langsung kering jika terkena knalpot yang panas dimana bekas air hujan ini dapat menyebabkan karat yang jika dibiarkan dapat membuat knalpot kita keropos. Tentu kita tidak ingin motor honda CB150R kita keropos pada knalpotnya
  • Mencegah karat pada standar samping dan standar tengah kita. Kedua bagian ini juga termasuk salah satu benda yang sering berhubungan dengan air.

Selain beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah karat, jangan lupa juga untuk menyikat ban dengan sikat halus untuk membuang kotoran yang bercampur dengan air hujan. Walau kelihatannya sepele dan tidak penting, namun hal ini jika dibiarkan dapat membuat dinding ban kita cepat getas atau pecah – pecah sehingga membaut ban kita tidak awet.

Demikian artikel Mencegah Karat Sepeda Motor yang berisikan artikel tentang karat pada sepeda motor dan tentunya cara mencegah karat sepeda motor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mencegah karat sepeda motor.

1 comments:

Unknown mengatakan...

keren.. bagus infonya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template