Minggu, 28 April 2013

Supaya Anak Menjadi Percaya Diri

Posted by David Nugroho at 20.28
Supaya anak menjadi percaya diri harus ada peran orang tua di dalamnya. Setiap orangtua pasti menginginkan anak mereka memiliki rasa kepercayaan diri yang lebih. Supaya anak mereka bisa bergaul dengan teman-teman dan dapat mencapai prestasi yang membanggakan. Mikmbong merasa pentingnya percaya diri dalam seorang anak. Ketika kita percaya diri, segala yang tampaknya tidak sempurna tidak menjadi halangan ketika kita percaya diri. Oleh karena itulah pentingnya memupuk rasa percaya diri pada anak kita


Mulailah memupuk rasa percaya diri anak di rumah. Karena langkah awal memupuk percaya diri adalah dari rumah mereka sendiri. Luangkanlah waktu untuk anak Anda. Amatilah kegiatan mereka dan selalu dukung apa yang mereka lakukan selama itu baik. Hal – hal yang baik dapat kita ajarkan sejak dini, seperti misalnya melatih anak minta maaf. Selain itu kita juga harus mengisi waktu berkualitas bersama anak. Selain itu jika kita menggunakan pengasuh, kita harus memilih pengasuh anak yang baik agar berefek baik juga pada anak kita.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu memupuk rasa percaya diri anak :
  • Membantu mengembangkan keterampilan dan bakat baru anak Lihatlah bakat yang dimiliki anak Anda dan dukunglah bakat mereka. Apabila anak Anda mempunyai bakat menggambar dukunglah dengan memberikan mereka peralatan menggambar sehingga mereka bisa mengembangkan bakatnya dan bujuklah anak Anda untuk mengikuti lomba melukis supaya mereka bisa berprestasi. Karena anak akan percaya diri dengan prestasi yang mereka peroleh dan juga membuat anak lebih pintar. Dan jangan lupa ajarkan mereka tentang kegagalan supaya mereka tidak terlalu kecewa jika mereka gagal. 
  • Menghargai prestasi anak Anda Apabila anak Anda berprestasi hagailah prestasi mereka dengan memberikan mereka pujian atau memajang hasil karya mereka di rumah sehingga mereka bisa lebih percaya diri karena prestasi mereka dihargai oleh orang tua.
  • Biarkan anak Anda memilih teman mereka sendiri Anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi tidak akan mengalami kesulitan dalam bergaul. Jadi bebaskan mereka untuk memilih teman mereka sendiri karena itu merupakan sebuah pembelajaran dalam pergaulan. Orangtua hanya mengamati pergaulan mereka, apakah teman-teman mereka memberikan dampak positif atau negatif. 
  • Berhati-hati dalam menyampaikan kata-kata Kata-kata dari orang tua sangat berpengaruh pada Anak. Apabila anak Anda melakukan kesalahan janganlah menegurnya dengan kata-kata kasar yang membuat anak Anda minder. Pilihlah kata-kata yang tepat dan tunjukkanlah kesalahan mereka dan memintanya untuk tidak mengulangi lagi.
  • Meluangkan waktu untuk bermain dengan anak Dukungan dan perhatian dari orangtua sangat dibutuhkan oleh anak. Oleh karena itu mengisi waktu berkualitas bersama anak dan keluarga untuk bermain bersama mereka sehingga banyak kesempatan Anda untuk memberikan anak Anda pujian mengenai apa yang telah mereka lakukan dan hal ini dapat memupuk rasa percaya diri anak. Selain itu tidak ada salahnya kita membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak kita seperti misalnya cerita puteri tidur dan dapat juga cerita yang sudah terkenal yaitu Cinderella.
  • Menjadi cermin yang positif bagi anak Anak juga melihat tingkah laku dari orang tua mereka. Usahakan Anda menjadi cermin yang positif bagi anak Anda. Janganlah menujukkan sikap kasar, gelisah melainkan tunjukkanlah kasih sayang dan kedamaian sehingga anak akan mencontoh seperti itu.

Demikianlah artikel Supaya Anak Menjadi Percaya Diri ini dimana pada kali ini mikmbong memberikan beberapa cara untuk melatih anak percaya diri. Semoga artikel yang Mikmbong buat ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan rasa percaya diri anak.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template