Jumat, 12 Oktober 2012

Ciyus Miapah Enelan | Arti Bahasa Alay

Posted by David Nugroho at 19.24
Ciyus , Miapah dan Enelan bisa dikatakan sedang menjadi trend pada saat ini. Tak jarang kita menemui kata – kata seperti ini di stasus orang di jejaring social seperti facebook dan twitter. Bahasa pergaulan ini entah mengapa bisa menjadi trend di Indonesia. Bahkan ada yang terang – terangan benar – benar benci dengan bahasa pergaulan ini. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sedang marak – maraknya tentang alay. Apa itu alay ? Alay bisa dikatakan gaya yang berlebihan. Dan otomatis dikarenakan maraknya Alay di Indonesia, entah darimana pula munculnya bahasa alay


Ciyus , Miapah dan Enelan yang sering keluar di status – status yang dibuat para anak muda di jejaring social ini merupakan contoh dari bahasa alay. Sebelum Ciyus , Miapah dan Enelan ngetrend pada saat ini , sebelumnya telah sempat trend juga menulis kata yang mencampur antara huruf , angka dan tanda baca yang tidak ketinggalan untuk bergabung seperti contoh nya : M3t_pgy 4££. . . .m3t b'r4kt!vT4$ bgì xg krja & sk£h . Bagi yang terbiasa sih mungkin bukan masalah, namun bagi yang tidak terbiasa malah pusing dalam membaca itu tulisan. Haha. 

Dengan model tulisan campuran antara huruf dan angka ditambah tanda baca yang belum benar hilang didunia anak muda yang merasa paling gaul ini, sekarang timbul lagi trend baru yaitu Ciyus , Miapah dan Enelan. Benar – benar entah darimana ini bahasa dapat timbul. Ada yang bilang berasal dari fitri tropika , dikarenakan beliau merupakan comedian pertama yang menggunakan logat seperti balita sebagai candaan dan celotehannya. Ya memang sih , mungkin ada yang bilang kalo bahasa alay ini kesannya imut dan lucu. Tapi yang tidak paham bahasa ini bakalan mengalami kebingungan yang lumayan bingung. Bukannya menjawab pertanyaan si alay yang menggunakan bahasa alay , namun malah hanya bengong aja sambil mikir dalam hari, ni mahluk ngomong apaan ya. Hahaha. 

Berikut ini merupakan beberapa contoh dan arti dari bahasa alay :
  • Akooh : Aku 
  • Amaca : Ah masak? 
  • Angenamu : Kangen kamu 
  • Binun : Bingung 
  • Ca oong cih : Masa bohong sih? 
  • Cemungudh : Semangat 
  • Ciyus : Seriuss 
  • Cungguh : Sungguh 
  • Daboweh : Tidak boleh
  • Enelan : Beneran ?
  • Gudnyus : Good news 
  • Kiyim : Kirim Lahacia: Rahasia 
  • Maacih : Terima kasih 
  • Macama : Sama-sama 
  • Macapah : Sama siapa? 
  • Masya : Masak 
  • Miapah : Demi apa? 
  • Qmuh : Kamu 

Miapah selain berarti demi apa juga kadang bisa juga mempunyai arti seperti sumpe lo? yang sudah duluan ngetrend. Tak ketinggalan Nyoos yang dipakai untuk menyebutkan sesuatu yang dinilai cool, nyus, hebat dan sejenisnya. 

Yah bisa dikatakan bahasa alay yang seperti Ciyus , Miapah dan Enelan ini seperti kalo anak balita baru sedang memulai fase untuk bisa bicara. Jadi ya cara bicara seolah – olah kalo cadel seperti cungguh pucing ih, maca ih dan sejenisnya. Demikianlah sedikit penjelasan dan beberapa contoh kata yang diambil dari kamus bahasa alay. Cmoga qmuh ud4H ga binun ya. Xixixixi.

Jadi pada kesimpulannya arti ciyus bisa dijelaskan dengan kata lain , serius ?? Arti enelan adalah beneran atau bisa juga sumpe lo ? Arti miapah adalah demi apa ? yah , cemua telgantung calimatnya ya k4ks. cmoga qmuh cemungudh eaa . m3t b'r4kt!vT4$ , c4L@m cuKce$ eaa.. >,<

17 comments:

Dian Pramita mengatakan...

:*)
Hhhhhhoooooooohhhhhhh...
Bahasa alay nge-BT-in. fb temen yang sering nulis status dg tulisan alay dan nama2 alay ga pernah ku buka. Kalo ada message dg bahasa alay, pokoknya aq ga bisa bacanya pasti labgsung dellete. Males banget..

Adi mengatakan...

Huuh emang bner2 bkin bhasa alay th,kya bhasa dunia laen dah

David Nugroho mengatakan...

hehehe. memang begitulah. ada yang sebel, tapi yang mengikuti ini trend juga banyak loh ^_^

eyerick mengatakan...

wkwkwkw memang sudah banyak mahluk alay didunia ini (tetap pada bhs yg benar)

virmanz72 mengatakan...

hahaa perlu dibuat kamus besarnya

Dedeh Hendriwati mengatakan...

Hehehe... Bahasa remaja yg Lucu dan membingungkan.. Tapi pasti ada masanya kok, nanti akan berhenti sendiri sesuai usianya..

Hendik Cahyono mengatakan...

Saya kira apaan gan, ternyata arti ciyus miapah benar2 diluar pemikiran saya haha..btw nice share..

Lintang mengatakan...

uuuh paling gak suka bgt q ma gaya" alay. , .trkesan norak

arqu3fiq mengatakan...

Akhirnya nemu disini. Jadi ngerti bahasa alay akhirnya.

juen juariyah mengatakan...

dasar indonesia....negara dengan tingkat dramatisasi tertinggi di dunia, gak heran bahasa2 alayism, ciusism, ababilism, wowism beredar. pantesan gak maju2 nih negara, generasi mudanya balik semua ke orok...wkwkwkwkw

David Nugroho mengatakan...

termasuk bahasa ajaib emang ni gan.. didenger ga enak tapi penggemarnya banyak =.=

Titi Doank mengatakan...

singkong di kasih ragi,,,
Tape dweeeehhh

lw dngr tuh bhsa,,, mual jdinya,,,

David Nugroho mengatakan...

wah tape singkong.. enak donk gan. hehehe..

alipul mengatakan...

iich, , , uNyu_unyU. . .

iwan hermawan mengatakan...

Hooo, setuju sama kalimat "generasi mudanya balik semua ke orok"

Anna Tanama mengatakan...

emang sih alay, tpi klo di pake buat sarcasm enak juga loh gan. wkwkwk..

ikma noha mengatakan...

Oalah......ternyata artinya ciyus itu serius......aku kira ciyus itu apa......
Bahasa alay bahasa anak2 membingungkan

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template