Rabu, 12 Desember 2012

Tips Dapur Sehat Keluarga yang Tepat

Posted by David Nugroho at 10.23

Dapur Sehat

Dapur sehat bisa dikatakan sangat berperan penting dalam kesehatan sebuah keluarga. Dapur yang sehat bisa dikatakan tentun menghasilkan hal yang sehat dari produk dapur itu sendiri. Sedangkan tak bisa dipungkiri banyak hal yang kita lakukan di dapur. Mulai dari memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga kita tentu dipersiapkan di dapur. Oleh sebab itulah bisa dikatakan faktor kesehatan keluarga salah satunya dipengaruhi juga oleh keberadaan dapur sehat.





Tak bisa dipungkiri lagi semakin tahun, semakin meningkat pula tingkat kesibukan kita. Tanpa kita sadari, semakin tahun bertambah maju semakin ketat pula tuntutan dan persaingan kehidupan ini. Tanpa terasa juga tahun 2013 – 2014 sudah didepan mata, tentu semakin banyak pula hal yang harus kita lakukan didalam kehidupan kita pada edisi tahun yang baru ini.

Memang fakta nya lah yang berkata demikian. Semakin tahun jika kita mau mengingat, semakin pula makna sebuah hari besar bagi kita. Jika pada dahulu pada hari besar idul fitri maupun natal dirasakan hari – hari tersebut terasa sangat special, pada saat sekarang ini dirasa kurang terasa gregetnya dikarenakan tuntutan hidup yang semakin hebat. Anggap saja misalnya ketika natal tiba, kartu ucapan natal selalu kita kirimkan ke orang yang kita kenal, tak lupa pula kartu selamat tahun baru yang kita berikan untuk memberikan ucapan selamat tahun baru dan semoga sukses di tahun mendatang, pada saat ini rasa – rasanya hal tersebut sudah bukan lagi sebuah tradisi.

Bahkan mungkin dikarenakan kesibukan kita, untuk sekedar mengucapkan dan mengirimkan sms natal dan juga sms tahun baru yang rasanya begitu mudah dan simple pun sering kita lewatkan. Semoga saja semakin canggihnya teknologi pada saat ini, dengan kemudahan fitur autotext blackberry yang tersemat pada blackberry, kita tidak lupa untuk mengirimkan autotext emoticon natal dan juga autotext emoticon tahun baru yang dapat kita kirimkan untuk mengucapkan selamat tahun baru untuk menunjukkan perhatian kita.

Nah, lalu bagaimana dengan kehidupan kita sendiri. Semakin meningkatnya kegiatan dan kesibukan kita, tak jarang pula kita tidak begitu memperdulikan dapur kita. Pentingnya menjaga dapur kita agar tetap menjadi sebuah dapur sehat yang menopang kesehatan keluarga kita pun kadang kita lalaikan dan tidak terlalu dipentingkan. Seringkali kita hanya sekilas saja dalam memperhatikan keadaan dapur kita. Lalu sebenarnya, bagaimana sih cara membuat dapur dan kegiatan dapur agar dapur tetap sehat? Mari kita bersama – sama belajar tentang dapur sehat keluarga.

Tips dapur sehat keluarga :
  • Berikan dapur kita sebuah sirkulasi udara yang baik.
  • Sebuah dapur yang sehat tersedia keranjang sampah yang diperhatikan kebersihannya.
  • Membersikan tempat cuci piring setelah selesai memasak. Sikat dan besutlah dengan sabun sehingga noda minyak tidak tertinggal disana.
  • Perhatikan tempat menyimpan bahan makanan dan sebisa mungkin hindari lalat dan debu.
  • Perhatikan juga tempat menyimpan peralatan makan yang sudah dicuci. Hindarkan kemungkinan lalat hinggap di peralatan makan kita.
  • Jangan menggunakan satu talenan atau alas kayu untuk berbagai macam jenis bahan makanan. Seperti misalnya jangan memotong buah di talenan bekas memotong daging. Jika terpaksa kita hanya memiliki satu talenan kayu, ada baiknya kita mencuci terlebih dahulu dan bilas dengan air panas sebelum digunakan untuk memotong sayuran terlebih lagi buah
  • Sebisa mungkin meracik bumbu dari bahan alami daripada memakai bumbu instan dan mengurangi penggunaan penguat rasa msg
  • Lebih baik menggunakan bahan alami untuk zat pewarna makanan yang akan kita buat. Misalnya jika kita memasak pudding dan agar – agar warna hijau, kita dapat memakai daun pandan. Untuk mendapat warna pada nasi kuning kita dapat menggunakan kunyit.
  • Bersihkan lemari es secara teratur. Selalu cuci terlebih dahulu bahan makanan baik sayuran dan buah sebelum disimpan di lemari es. Bungkus dengan rapi.
  • Dalam membersihkan lemari es, jangan lupa mengecek isi lemari e situ sendiri. Segera buang bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi untuk menghindari berkembangnya jamur dan bakteri serta kuman yang tidak baik untuk kesehatan.
  • Sebisa mungkin tidak menggunakan minyak goreng berulang – ulang terlebih lagi menampung dan menyimpan minyak goreng yang sudah berwarna coklat karena dipakai berkali kali menggoreng. Jika memang dirasa tidak layak untuk menggoreng, jangan digunakan untuk menggoreng. Jika memang masih dapat disimpan untuk pemakaian berikutnya, tanpunt tersebut ditempat yang bersih dan tertutup.
  • Sedapat mungkin jangan menghangatkan sayur atau lauk pauk dengan tempat makanan berbahan plastik dimana proses pemanasan akan mempengaruhi bahan plastik dan pengaruh kimiawi ini lambat laun akan menjadi pencetus timbulnya gangguan kesehatan.
  • Sebisa mungkin menggunakan bahan alami untuk membungkus atau mengukus bahan makanan seperti misalnya daun pisang.
  • Jika anda memasak masakan yang menggunakan santan terutama berbahan utama sayuran, jangan dihangatkan berulang kali.
Demikian artikel Tips Dapur Sehat Keluarga yang Tepat yang memberikan beberapa tips untuk membuat dapur sehat bagi keluarga.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template