Senin, 07 Januari 2013

Bayam | Khasiat dan Manfaat Bayam

Posted by Unknown at 23.34

Bayam

Bayam rasa – rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mengetahui sayuran yang satu ini. Bayam yang merupakan sayuran yang dapat diperoleh di berbagai tempat yang tidak mengenal perubahan musim ini merupakan sayuran umum yang banyak terdapat di berbagai tempat. Dengan harga yang murah dan juga dapat diolah menjadi beraneka macam masakan membuat sayuran bayam ini menjadi salah satu sayuran yang umum dikonsumsi oleh banyak orang.


Tentu kita sudah mengetahui dan kemungkinan besar pernah mengkonsumsi sayuran hijau yang satu ini. Namun dibalik sayuran hijau yang banyak ditemui dibanyak tempat, murah harganya dan merupakan sayuran umum ini, ternyata bayam sendiri mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan. Bahwa ternyata bayam sendiri mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Manfaat

Manfaat bayam bagi kesehatan :
  • Bayam baik untuk pencernaan. Bayam baik untuk kesehatan pencernaan, dimana bayam dapat membantu melindungi mucus dan juga mengatas konstipasi. Selain itu bayam dapat mencegah penyakit maag datang menghampiri kita.
  • Bayam dapat membuat kulit lebih sehat. Bayam mempunyai banyak kandungan vitamin dan juga mineral yang dapat mengatasi kekeringan kulit. Bayam juga bermanfaat untuk membuat rona kulit lebih bercahaya. Kualitas kesehatan kulit kita dapat naik dengan signifikan jika kita mengkonsumsi bayam secara teratur seperti misalnya tiga kali seminggu. 

Khasiat

Khasiat bayam :
  • Khasiat bayam pada daun. Daun bayam mengandung banyak nutrisi yang berguna buat kesehatan. Bayam yang mempunyai daun lebar dan semakin matang serta mempunyai serabut lebih banyak menandakan kualitas yang lebih baik. Sebaiknya simpan bayam pada tempat yang mempunyai sinar cukup dimana bayam yang disimpan pada tempat yang cukup sinar akan mempunyai nutrisi yang lebih baik
  • Khasiat bayam yang dimasak lebih mempunyai nutrisi tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan bayam yang tidak dimasak. Proses pemanasan akan meningkatkan nutrisi dan manfaat bayam bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh kita tidak dapat mencerna nutrisi yang ada pada bayam mentah untuk segera digunakan
  • Khasiat bayam dapat diperoleh maksimal pada jus bayam. Bayam yang sudah direbus sebentar di blender dengan sayuran lainnya atau buah-buahan agar rasanya lebih enak. Menurut penelitian, mengkonsumsi bayam dengan mengolahnya menjadi jus adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi bayam
  • Khasiat bayam dapat berkurang jikalau kita menyimpan bayam dalam kulkas dan menjadi beku dimana hal ini dapat membuat nutrisi bayam menjadi berkurang. Untuk dapat mendapatkan hasil maksimal, kita dapat membeli bayam yang segar untuk dapat dikonsumsi pada hari itu juga.
  • Khasiat bayam dapat diserap secara maksimal jika mengkonsumsi bayam dengan makanan yang kaya vitamin C. Selain itu kita juga dapat merebus bayam terlebih dahulu selama dua menit. Hal ini dapat mengurangi kandungan oxalic acid pada bayam dimana oxalic acid dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat.

Demikian artikel Bayam | Khasiat dan Manfaat Bayam yang membahas tentang bayam dan tentunyak khasiat bayam dan manfaat bayam bagi kesehatan kita. Semoga artikel tentang bayam ini dapat bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template