Sabtu, 13 April 2013

Cara Menyimpan Jamur | Memasak Jamur

Posted by David Nugroho at 05.17
Cara Menyimpan Jamur dan juga cara memasak jamur sangat digemari oleh wanita karena jamur memiliki rasa yang enak dan kenyal sehingga banyak orangpun menyukainya. Jamur juga dapat menggantikan daging ayam yang sangat cocok untuk sebagian orang yang tidak makan daging. Contohnya jamur dapat dimasak sate yang istilahnya sate jamur. Sate jamur sekarang juga mudah didapat. Sate jamur apabila dirasakan mirip sekali dengan sate ayam. Tetapi memang tidak dipungkiri kalau sate ayam mungkin lebih enak jika anda suka daging, namun tidak ada salahnya kan mencoba untuk memasak jamur.



Selain bisa dibuat sate, jamur juga bisa dibuat sup jamur. Sup jamur ini juga digemari oleh banyak orang selain rasanya yang enak, juga bernutrisi bagi tubuh. Jamur juga bisa digunakan untuk bahan tambahan seperti tumisan atau oseng-oseng, timlo dan masih banyak lagi. Jamur juga bisa dibuat kripik jamur yang sekarang sudah banyak orang yang menjualnya. Jamur memang bermanfaat dan bisa diolah berbagai macam rupa. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan cara menyimpan jamurnya. Apabila cara menyimpan jamur salah, maka jamur akan cepat berair, layu dan mengisut yang menyebabkan rasa jamur kurang enak. Selain cara menyimpan, waktu dan cara Anda memasakpun juga mempengaruhi tekstur dan kualiatas rasa jamur tersebut.

Tetapi jangan khawatir akan hal diatas karena berikut ini adalan cara untuk menyimpan jamur dan memasak jamur yang benar:
  • Jamur dapat disimpan dalam keadaan beku pada saat jamur masih mentah dan selama jamur belum pernah dicairkan sebelumnya. Tetapi apabila memasak jamur yang masih beku, harus langsung dimasak dalam keadaan beku jangan dicairkan terlebih dahulu karena akan merusak tekstur jamur. Memasak jamur beku sebaiknya direbus contohnya ditambahkan ke dalam sup. 
  • Jangan pernah mencuci jamur sebelum menyimpannya, karena jamur yang belum pernah terkena air atau dicuci akan bertahan lebih lama daripada yang terkena air. Sebagai gantinya sebelum menyimpannya, jamur cukup dilap dengan kain bersiih yang kering. 
  • Pada saat menyimpan jamur harus dimasukkan ke dalam plastik khusus sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Karena plastik khusus memudahkan jamur untuk tetap bernapas yang dapat menyebabkan jamur bertahan lebih lama dan tidak mudah kisut atau layu saat disimpan. 
  • Seringkali pada saat memasak jamur, jamur diiris-iris terlebih dahulu sebelumnya untuk memudahkan pada saat memakanya. Untuk menumis jamur cairkan terlebih dahulu mentega ke dalam penggorengan yang sudah panas kemudian masukkan jamur dan tumis jamur dengan api yang sedang jangan terlalu besar apinya karena jamur akan cepat gosong dan masak selama kurang lebih 3 menit sampai jamur berwarna keemasan. 
  • Cara untuk mempertahankan rasa dan tekstur alami jamur, cukup masak jamur tidak lebih dari 4 samapi lima menit saja.

Demikian artikel Cara Menyimpan Jamur | Memasak Jamur yang berisikan informasi cara menyimpan jamur dan juga cara memasak jamur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memasak jamur.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template