Jumat, 16 November 2012

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Gigi Kuning

Posted by David Nugroho at 16.16
Gigi kuning merupakan salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada gigi kita. Seperti yang kita ketahui, warna gigi seharusnya putih. Jika sampai berwarna kuning tentu saja kemungkinan ada sesuatu yang salah pada gigi kita. Yuk kita cari tau lebih lanjut mengenai gigi kuning ini serta bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan gigi kuning.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Gigi Kuning
Gigi Kuning

Artikel tentang cara mengatasi dan menghilangkan gigi kuning merupakan artikel ketiga yang membahas segala sesuatu tentang gigi yang mikmbong tulis. Pada serial tentang gigi ini, mikmbong membahas tentang tips cara mencegah gigi berlubang, cara mengobati sakit gigi secara alami, cara mengatasi dan menghilangkan gigi kuning dan tak ketinggalan juga tips cara menghilangkan bau mulut

Pada saat ini, kita berfokus pada gigi kuning. Pada dasarnya pewarnaan pada gigi dibagi menjadi 2 berdasarkan sumber penyebabnya, yaitu pewarnaan ekstrinsik (pewarnaan akibat paparan dari luar permukaan gigi) dan intrinsik (pewarnaan akibat paparan dari dalam gigi). 

Pewarnaan ekstrinsik dapat disebabkan oleh plak, Bakteri kromogenik, Suplemen yang mengandung zat besi, Antibiotik (misalnya eritromisin dan amoksilin), Makanan (misalnya buah berry, makanan dengan zat pewarna, makanan yang berminyak), Minuman (misalnya teh, kopi, dan minuman soda), Kerusakan protein pada permukaan gigi dan juga bisa disebabkan oleh obat kumur yang mengandung klorheksidin. 

Pewarnaan intrinsik dibagi menjadi 2 yaitu terjadi sebelum gigi erupsi ( gigi muncul ke permukaan gusi ) dan terjadi sesudah gigi erupsi. Jika terjadi sebelum gigi erupsi, hal ini dapat disebabkan oleh Konsumsi antibiotik tetrasiklin, Kelainan perkembangan email dan dentin, Penyakit kelainan darah dan penyakit hati. Sedangkan jika gigi kuning terjadi setelah gigi erupsi, bisa kemungkinan gigi berwarna kuning disebabkan oleh gigi berlubang, trauma pada gigi, bahan tambal gigi, penuaan, merokok, konsumsi antibiotik minosiklin, bahan kimia, perubahan fungsional dan parafungsional dan menggunakan bahan makanan tertentu dalam jangka waktu lama yang dapat menyebabkan perwarnaan gigi kuning secara intrinsik. 

  1. Meningkatkan kebersihan rongga mulut seperti plak, menggunakan pasta gigi yang low abrasive dan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut serta rutin membersihkan karang gigi di dokter gigi. 
  2. Menyikat gigi dengan benar. Cara dan teknik menyikat gigi yang benar dan efektif bahkan dapat membersihkan plak adalah dengan gerakan memutar membuat lingkaran yang besar pada permukaan gigi (permukaan gigi depan yang menghadap bibir dan permukaan gigi yang menghadap pipi). Sedangkan untuk bagian dalam gigi (bagian permukaan gigi yang menghadap lidah dan langit-langit) disikat dengan gerakan menarik keluar, dan pada bagian atas (oklusal) gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Setiap permukaan gigi disikat selama 10 kali putaran atau gerakan. Lakukan penyikatan gigi dengan perlahan dan tekanan yang ringan. 
  3. Mengkonsumsi buah yang berserat dan sayuran hijau yang dapat berfungsi untuk membersihkan gigi secara alami. 
  4. Menghindari kebiasaan atau bahan makanan yang dapat menimbulkan pewarnaan gigi misalnya merokok, minum kopi atau aneka bahan makanan yang dapat menimbulkan pewarnaan gigi. 
  5. Konsultasi ke dokter gigi. Disana jika diperlukan, untuk mengatasi dan menghilangkan gigi kuning bisa dilakukan eksternal bleaching di dokter gigi atau disebut juga in-office bleaching. 

Demikian cara mengatasi dan menghilangkan gigi kuning. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang mempunyai masalah gigi kuning.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template