Senin, 05 November 2012

Tipe dan Harga Resmi Mobil Esemka

Posted by Unknown at 20.37
Tipe dan Harga Resmi Mobil Esemka. Mobil Esemka yang merupakan mobil dalam negeri yang dibuat oleh siswa SMK siap untuk diluncurkan secara resmi pada 10 november 2012 dimana pada hari itu seperti yang kita ketahui bertepatan dengan hari pahlawan. Pada tanggal tersebut, selain melakukan peluncuran resmi, mobil esemka juga sudah bisa dipesan oleh orang yang berminat pada mobil nasional buatan siswa SMK tersebut.


Seperti yang sudah diketahui, mobil esemka telah lolos uji kelayakan atau kelaikan jalan dan uji emisi. Tipe mobil esemka yang akan diluncurkan adalah mobil Esemka Rajawali II dan mobil Esemka Bima yang sudah dinyatakan lolos uji kelaikan jalan. Mobil Esemka Rajawali merupakan mobil yang masuk dalam kategori SUV sedangkan Mobil Esemka Bima berjenis mobil pick up. Acara peluncuran mobil esemka pada 10 november 2012 akan dilakukan dan dipusatkan di Solo Techo Park. Jika tidak ada halangan, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo akan secara resmi merilis mobil karya siswa SMK tersebut ke masyarakat umum.


Harga Mobil Esemka diperkirakan akan dikisaran 100 juta. Dengan tambahan pajak kendaraan, menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, harga resmi mobil esemka akan berada disekitar 100 – 140 juta rupiah. Hal ini dikarenakan Solo Techno Park (STP) masih menghitung berapa biaya pembelian komponen lokal, atau pembelian mesin Esemka.

Setelah diluncurkan secara resmi pada hari pahlawan tersebut, produksi massal mobil esemka hanya menunggu pengajuan Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT), Kementerian Perindustrian. Gampang sarwono selaku Direktur Pengembangan dan Pelayanan Solo Techno Park (STP) mengatakan bahwa "Produksi Esemka masih harus menunggu semua keperluan administrasi selesai. Bila sudah selesai di Kemenhub, dilanjutkan ke Kemenperin. Jika sudah selesai semuanya, baru kami produksi dan jual secara umum,"

Mendengar kabar terbaru dari mobil esemka yang digadang – gadang menjadi mobil nasional, hal ini sangat menarik. Apalagi dengan harga resmi mobil esemka yang diperkirakan akan berkisar di angka 100 jutaan. Di tengah gempuran mobil murah yang juga akan beredar dalam waktu dekat seperti Toyota agya dan Daihatsu ayla yang menurut kabar terbaru bakal siap dipasarkan pada awal tahun 2013 dikarenakan diperkirakan selesainya regulasi low cost green car atau mobil murah ramah emisi pada desember 2012, mari kita berharap mobil buatan siswa SMK ini bisa eksis di dunia otomotif nasional.

Update :  Setelah mobil esemka resmi diluncurkan pada 10 november 2012 , kita bisa melihat perbedaan mobil esemka pada mobil esemka rajawali. Bahkan pengunjung yang datang pada peluncuran mobil esemka itu merasa terkejut dengan penampilan baru mobil esemka tersebut. Selain terkejut dengan desain mobil esemka terbaru dan berat yang hanya tinggal 1275 kg dari sebelumnya 1700kg , pengunjung juga terkejut dengan fitur keamanan yang dipasang pada mobil esemka terbaru.


Pada mesin mobil esemka rajawali 2, sekarang mobil esemka tersebut menggunakan spesifikasi mesin DOHC 1.600 cc dengan sistem pembakaran elektronik dengan 4 inline silinder sehingga dapat mencapai daya maksimum 76 kw pada 6000 rpm dengan torsi maksimum 147 Nm pada 5500 rpm. Kapasitas bahan bakar mobil esemka dapat diisi sampai 57 liter dengan anjuran BBM minimal RON 90. Mobil Esemka terbaru sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang umum ditemui oleh mobil modern seperti ABS, EBD bahkan SRS Airbag pun siap untuk mengamankan penumpang. Mungkin inilah yang membuat harga mobil esemka terbaru lebih mahal dari perkiraan sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template