Kamis, 27 Desember 2012

Mengobati Perut Kembung | Penyebab Perut Kembung

Posted by Unknown at 22.54

Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada perut. Kebanyakan orang pernah mengalami gangguan perut yang satu ini yaitu kembung. Bahkan dikatakan perut kembung merupakan masalah umum yang dapat menimpa banyak orang. Tentunya yang namanya gangguan pasti tak enak rasanya. Lalu apa sih penyebab perut kembung? Lalu bagaimana cara mengobati perut kembung?


Penyebab

Perut kembung sendiri disebabkan oleh terjadinya gas yang berlebihan yang disebabkan oleh bakteri dalam usus besar dimana gas yang berlebih yang disebabkan oleh bakteri tersebut menjadikan perut menjadi kembung. Jadi pada intinya perut kembung disebabkan oleh gas yang berlebihan yang diproduksi dalam system pencernaan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi gas menjadi berlebih seperti misalnya diet lemak tinggi, mengkonsumsi makanan yang tingkat patinya tinggi misal saja kentang atau jagung, defisiensi laktosa, merokok, minum alkohol, atau meminum obat-obatan tertentu.

Mengobati

Berikut cara mengobati perut kembung :
  • Minum air jahe atau sering disebut wedang jahe. Jahe dapat berfungsi untuk menghangatkan perut sehingga membuat perut menjadi lebih nyaman rasanya. Untuk hasil terbaik, campur jahe dengan sedikit madu.
  • Minum teh biji jinten. Campurkan satu sendok teh biji jintan panggang ke dalam dua gelas air. Kemudian didihkan hingga menjadi satu cangkir.
  • Minum Sup bawang putih yang berasal dari bawang putih, jinten, merica hitam dan biji ketumbar. Campur dalam air dan masak selayaknya membuat sop selama 15 hingga 25 menit. Sup bawang putih dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi gas dalam usus.
  • Campur setengah cangkir air dan potongan kecil asafetida. Asafetida sangat efektif karena merupakan obat anti-kembung. Aduk sampai asafetida larut sepenuhnya. Minum setiap kali Anda mengalami perut kembung.
  • Makan sedikit biji ketumbar, dimana biji ketumbar dapat mengurangi gas yang berlebihan. Selain itu, biji ketumbar juga sangat efektif pada gangguan nyeri perut yang disebabkan kelebihan gas.
  • Jangan berhubungan dengan tembakau seperti misalnya merokok dikarenakan tembakau tidak baik untuk pencernaan. Selain itu jangan menahan kentut dan juga sebisa mungkin tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula terlebh dahulu.

Demikian artikel Mengobati Perut Kembung | Penyebab Perut Kembung yang membahas tentang perut kembung dan juga penyebab perut kembung dan cara mengobati perut kembung. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang mengalami perut kembung. Semoga lekas sembuh.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2011 MikMbong | Design by Kenga Ads-template